Buku: Mendidik Putra Anda

Mengapa begitu sulit mengetahui cara mendidik seorang putra pada masa kini? Di balik begitu banyaknya kekerasan dan peristiwa tragis yang melibatkan anak lelaki dan anak muda, banyak yang bertanya-tanya apakah kita sebagai suatu masyarakat telah melakukan kesalahan dalam membesarkan putra kita. Mengapa seringkali kita gagal mengembangkan karakter di dalam diri putra kita? Mengapa begitu banyak anak lelaki berada dalam krisis? Sifat apakah yang harus kita tanamkan di dalam diri para pemuda?

Seluruh generasi anak lelaki sedang bertumbuh tanpa suatu pemikiran yang jelas mengenai apakah arti menjadi seorang pria. Tetapi selalu ada harapan. Di dalam buku “Mendidik Putra Anda” ini, Dr. James Dobson, ahli terkemuka di Amerika tentang keluarga, memberikan petunjuk untuk mendidik seorang putra yang sehat bagi pembentukan generasi penerus pria yang bertanggung jawab dan menghormati Tuhan. Berbekal pengalamannya selama bertahun-tahun sebagai seorang psikolog anak-anak dan konselor keluarga, dan juga penelitian yang terbaru, Dr. Dobson memberikan nasihat praktis dan dorongan bagi para orang tua, guru, konselor, pemimpin kaum muda, dan orang lain yang terlibat dalam pembentukan karakter anak laki-laki.

Menarik sekali mengapa Dr. Dobson menulis buku tentang anak laki-laki. Mengapa tidak mempertimbangkan kebutuhan anak perempuan juga? Dalam bukunya, Dr. Dobson menguraikan bahwa kini anak laki-laki memiliki masalah yang lebih serius dari anak perempuan. Sejumlah sosiolog mengingatkan bahwa sekarang terjadi krisis di antara pria seperti yang tidak pernah kita saksikan sebelumnya. Dari sejumlah penelitian ditemukan bahwa anak laki-laki tampaknya enam kali lebih banyak mengalami kesulitan belajar, tiga kali lebih banyak terdaftar sebagai pecandu obat-obatan, dan didiagnosis empat kali lebih banyak mengalami gangguan emosi. Mereka lebih berisiko terhadap schizofrenia, autis, penyimpangan seksual, pecandu alcohol, mengompol, dan semua bentuk perilaku antisosial dan kriminal. Mereka dua belas kali lebih cenderung untuk membunuh seseorang, dan tingkat kematian mereka di dalam kecelakaan mobil lebih besar 50 persen. Tujuh puluh tujuh persen pelanggaran undang-undang berkaitan dengan kasus pengadilan melibatkan pria (hlm 43-44). Sejumlah alasan di atas menjadi alasan kuat mengapa Dr. Dobson perlu menulis buku ini.

Dalam pelayanannya di Focus on the Family, Dr. Dobson banyak menerima surat-surat, telepon dan e-mail yang setiap bulannya bisa mencapai 250.000 buah! Di dalamnya banyak berisi komentar, kesaksian dan pertanyaan-pertanyaan seputar masalah keluarga yang sebagian di antaranya kemudian dimuat dalam bukunya. Karena itu, Anda akan banyak menemui tulisan berbentuk pertanyaan dan jawaban dalam 17 bab dari buku setebal 342 halaman ini. Mungkin saja salah satu atau bahkan beberapa pertanyaan tersebut adalah mewakili masalah yang Anda hadapi. Dr. Dobson menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan baik dan memberi nasihat serta dorongan dengan dasar yang teguh dari prinsip Alkitab. Anda memiliki anak laki-laki? Buku ini sebaiknya Anda baca untuk menjadi pembuat perbedaan dalam kehidupan putra Anda.


Data buku:
Judul asli: Bringing Up Boys
Penulis: Dr. James Dobson
Copyright: 2001 by Tyndale House Publishers, Inc.
Penerjemah: Tammy Tiarawati Rusli
Penerbit: Immanuel, Jakarta 2003
Tebal: viii + 324 halaman

Tentang penulis:
Dr. James Dobson telah mengabdikan kariernya untuk menolong anak-anak dan keluarga. Seorang pakar psikolog dan konselor pernikahan, keluarga serta anak-anak, beliau melayani jenjang perguruan tinggi di University of Southern California School of Medicine selama 14 tahun dan sebagai staf yang bertugas pada Rumah Sakit Anak-anak di Los Angeles selama 17 tahun. Beliau menyandang gelar Doktor di dalam Pengembangan Anak-anak (Child Development) dari Universitas California Selatan. Beliau banyak terlibat dalam kegiatan pemerintahan yang berhubungan dengan keluarga. Dr. Dobson melayani dalam satuan tugas militer yang merangkum Konferensi Gedung Putih berkaitan dengan keluarga dan menerima penghargaan khusus dari Presiden Jimmy Carter. Beliau ditunjuk oleh Presiden Ronald Reagan sebagai Komisi Penasihat Negara (National Advisory Commission) untuk jabatan Pengadilan Pencegahan Kenakalan Remaja (Juvenile Justice and Delinquency Prevention). Beliau juga melayani sebagai Dewan Penasihat Pengacara Umum dalam Anak-anak Hilang dan Pelecehan, Departemen Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat pada bidang Pencegahan Kehamilan Remaja, dan Komisi Kesejahteraan Anak dan Keluarga.

Dr. James Dobson adalah pendiri dan ketua dari Fokus pada Keluarga (Focus on the Family), suatu media dan organisasi pendidikan yang didedikasikan untuk kelanggengan keluarga. Siaran Dr. Dobson didengar setiap hari oleh lebih dari 200 juta orang di lebih dari 4.200 stasiun radio di seluruh dunia. Bersama istrinya, Shirley, mereka adalah orang tua dari dua orang anak putra dan putri yang telah bertumbuh dewasa. Mereka tinggal di Colorado Springs, Colorado.

0 komentar:

recent comments


Cari di ezramos.blogspot.com...

recommended links

     » Christian Men's Network Indonesia
     » Wanita Bijak
     » Christian Parent
     » All About Parenting
     » Focus On The Family
     » Children’s Ministry Online
     » Jesus for Children
     » Salvation Kids
     » Kid Explorers
     » CBH (Children's Bible Hours)
» Blog ini didedikasikan untuk kedua anak yang kami kasihi, Ezra dan Amos serta kepada seluruh orangtua Kristen yang memiliki anak-anak agar mereka tetap memegang teguh komitmen dan tanggung jawab atas kehidupan anak-anak yang telah Tuhan percayakan kepada mereka. God bless you!

"Hai anakku, jika hatimu bijak, hatiku juga bersukacita." (Ams. 23:15)

meet the parents

Add me Add me

  © 2008 Blogger template by Ourblogtemplates.com

Back to TOP