Buku: Sepuluh Kiat untuk Membesarkan Anak

Tanggapan pertama dari orang-orang yang baru saja menjadi ayah dan ibu hampir selalu sama—“Tidak menyangka akan seperti ini!” Kalau Anda hanya menjadi seorang anak, belum pernah menjadi orang tua, kemungkinan besar Anda akan bersikap dogmatis tentang peran orang tua. Sebelum Tuhan memberkati saya dengan ‘panggilan’ itu, saya merasa serba tahu segalanya. Sudah tentu, setiap orang tua membutuhkan hikmat untuk mendidik anak di jalan yang diarahkan Tuhan bagi anak itu. Mencari tahu arah itu dan memberi dukungan—itulah tantangannya. Ayah dan Ibu di abad ke-21 agaknya akan menelepon hotline Asuh Anak setiap hari seandainya saluran pelayanan itu ada. ‘Panggilan itu menjadikan kita—orang tua— kewalahan. Lagipula panggilan itu tak kunjung berakhir. Saya tahu karena saya pernah mengalaminya sendiri. Dengan tiga orang anak laki-laki yang sudah dewasa dan tiga menantu terkasih serta delapan orang cucu, ’panggilan’ itu masih terus berlanjut.

Demikian cuplikan kata pengantar yang ditulis Ed Young. Baginya, menjadi orang tua adalah sebuah panggilan yang bukan main besarnya, karena itu setiap orang tua perlu menyadari hal ini dan memenuhi ‘panggilan’ yang kudus dan mulia itu sebaik-baiknya. Dan berbekal pengalaman pribadinya, Ed Young membagikan kiat-kiatnya secara khusus dengan banyak menampilkan kisah, anekdot, dan ilustrasi dari berbagai pengalaman para orang tua yang lain. Terinspirasi oleh 10 Perintah Allah yang diberikan Allah pada Musa, maka Ed Young membagi tulisannya menjadi “10 Perintah” bagi para orang tua dalam membesarkan anak-anaknya agar dapat bertumbuh dalam kasih dan karunia Allah, yaitu:
1. Bentuklah Keluarga yang Fungsional
2. Kasihilah Anak Anda
3. Jadilah Model Kesalehan
4. Ajarilah Anak Anda
5. Luangkanlah Waktu Bersama Anak Anda
6. Terapkanlah Disiplin pada Anak Anda
7. Berilah Dorongan Semangat kepada Anak Anda
8. Wujudkanlah Kestabilan dan Kemantapan Dalam Diri Anak Anda
9. Bicarakanlah Soal Seks Dengan Anak Anda
10. Janganlah Menjadi Orang Tua yang Pasif

Tempelkanlah 10 kiat ini di rumah Anda. Simpanlah di lubuk hati Anda, dan alamilah betapa senangnya menjadi orang tua yang sebijak mungkin.



Data buku:
Judul asli: The 10 Commandments of Parenting
Penulis: Ed Young
Copyright: 2004 by Moody Publishers
Penerjemah: Riskihadi
Penerbit: Lembaga Literatur Baptis, Bandung 2005
Tebal: 253 halaman


Tentang penulis:
Dr. H. Edwin Young adalah seorang hamba Tuhan lulusan Southeastern Baptist Theological Seminary di Wake Forest, North Carolina, AS. Lebih dikenal dengan nama Ed Young, saat ini beliau menjadi Gembala Second Baptist Church di Houston, Texas, AS. Dalam penggembalaannya, gereja ini mengalami pertumbuhan pesat dari 2.000 jemaat pada tahun 1978, saat ini beranggotakan lebih dari 40.000 jemaat dengan tiga lokasi gereja. Ed Young banyak menulis buku termasuk di antaranya “Romancing The Home" dan "The 10 Commandments of Marriage,” juga pelayanan media melalui siaran acara “The Winning Walk” yang menjangkau ke seluruh dunia.

0 komentar:

recent comments


Cari di ezramos.blogspot.com...

recommended links

     » Christian Men's Network Indonesia
     » Wanita Bijak
     » Christian Parent
     » All About Parenting
     » Focus On The Family
     » Children’s Ministry Online
     » Jesus for Children
     » Salvation Kids
     » Kid Explorers
     » CBH (Children's Bible Hours)
» Blog ini didedikasikan untuk kedua anak yang kami kasihi, Ezra dan Amos serta kepada seluruh orangtua Kristen yang memiliki anak-anak agar mereka tetap memegang teguh komitmen dan tanggung jawab atas kehidupan anak-anak yang telah Tuhan percayakan kepada mereka. God bless you!

"Hai anakku, jika hatimu bijak, hatiku juga bersukacita." (Ams. 23:15)

meet the parents

Add me Add me

  © 2008 Blogger template by Ourblogtemplates.com

Back to TOP