Berhati-hatilah!

Ayat Bacaan: Efesus 5:15-17
“Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif.” (Efesus 5:15)

Sebuah stiker menarik yang tertempel di kaca belakang mobil bertuliskan, “Life is fragile, handle with care” (Hidup itu rentan, jagalah dengan hati-hati). Tulisan ini merupakan plesetan dari kata-kata peringatan yang sering tercantum di sebelah luar kotak kemasan berisi barang pecah belah. Biasanya kata-kata itu ditulis dengan warna merah atau dengan tampilan yang mudah terlihat dengan maksud agar orang berhati-hati ketika membawa barang tersebut agar isinya tidak pecah.

Tulisan pada stiker tadi mengingatkan kita pada nasihat rasul Paulus bagi jemaat di Efesus, “perhatikanlah dengan saksama” (ay. 15). Apa artinya? Alkitab New International Version menuliskannya dengan kata “be very careful” (sangat berhati-hatilah). Hal ini menunjukkan pada kita untuk memberikan perhatian serius atau berkonsentrasi secara penuh dalam menjalani hidup dengan berlaku seperti orang arif. Bagaimana caranya?

Pertama, pergunakanlah setiap kesempatan yang ada dengan baik (ay. 16). Kesempatan yang dimaksud di sini adalah waktu, kesehatan, kekuatan, kelimpahan dan segala yang melekat dalam diri kita saat ini, pergunakanlah itu sebaik-baiknya untuk mendekatkan diri pada Tuhan dan untuk memuliakan nama Tuhan. Alkitab memperingatkan bahwa “hari-hari ini adalah jahat”—ada suatu pengaruh jahat yang siap menerkam dan menyeret kita agar menjauh dari-Nya. Jadi, jika kita masih diberi kesempatan untuk menjalani hidup, pergunakanlah untuk mengerjakan hal-hal yang menyenangkan hati Allah.

Kedua, berusahalah untuk mengetahui kehendak Allah (ay. 17). Ada dua jenis kehendak Allah, umum dan khusus. Kehendak umum berlaku sama bagi semua manusia yaitu agar umat Tuhan memuliakan nama-Nya, sedang kehendak khusus berbeda-beda bagi setiap pribadi. Berusahalah mencari tahu apa yang Tuhan ingin lakukan secara khusus dalam peran dan status kita masing-masing dan jadilah mitra kerja-Nya bagi Kerajaan Sorga. (HT)

Hidup itu rentan, jagalah dengan hati-hati agar tidak jatuh dan hancur berkeping-keping.

0 komentar:

recent comments


Cari di ezramos.blogspot.com...

recommended links

     » Christian Men's Network Indonesia
     » Wanita Bijak
     » Christian Parent
     » All About Parenting
     » Focus On The Family
     » Children’s Ministry Online
     » Jesus for Children
     » Salvation Kids
     » Kid Explorers
     » CBH (Children's Bible Hours)
» Blog ini didedikasikan untuk kedua anak yang kami kasihi, Ezra dan Amos serta kepada seluruh orangtua Kristen yang memiliki anak-anak agar mereka tetap memegang teguh komitmen dan tanggung jawab atas kehidupan anak-anak yang telah Tuhan percayakan kepada mereka. God bless you!

"Hai anakku, jika hatimu bijak, hatiku juga bersukacita." (Ams. 23:15)

meet the parents

Add me Add me

  © 2008 Blogger template by Ourblogtemplates.com

Back to TOP