Bahaya Selalu Menuruti Kemauan Anak

Apakah Anda termasuk orang tua yang kerap mengikuti keinginan anak, alias orangtua penurut? Hati-hati, hal ini bisa menumbuhkan perilaku manja dan egois pada si kecil.

Memang, jika berada dalam situasi saat anak ngotot, seringkali orangtua terpaksa menuruti keinginan untuk menghindari konflik lebih besar. Terutama jika sedang ada di ruang publik. Anak sangat pintar, dan bisa 'memanipulasi' untuk mendapatkan keinginanannya. Sehingga, terkadang orangtua terjebak dalam situasi selalu menuruti keinginan anak.

Ingin mengubah kebiasaan ini? Cobalah lakukan 3 hal berikut untuk mendisplinkan anak, dan agar Anda tidak menjadi orangtua terlalu penurut:

1. Tenang dan tegas
Menghadapi anak-anak yang menangis atau marah, Anda harus tetap tenang. Anak-anak sangat fokus pada ekspresi wajah, nada suara dan bahasa tubuh Anda. Jika mereka marah atau khawatir, mereka hampir tidak mendengar kata-kata Anda. Jangan berteriak atau membentaknya, karena mereka berhenti untuk mendengarkan dan tidak merasa takut.

Jadi, Anda harus tenang dan tegas. Tatap matanya dan lihat dengan tajam, tunjukkan kalau Anda tidak menyukainya. Mintalah padanaya dengan baik, untuk berhenti melakukan hal yang tidak baik.

2. Konsisten
Jika Anda memiliki peraturan baik di rumah maupun di luar rumah, usahakan untuk selalu menerapkannya. Bila sewaktu-waktu Anda membiarkannya, anak-anak malah bingung dan beranggapan tidak masalah jika melanggar peraturan. Konsistensi sangat penting agar anak tidak membuat Anda menurutinya.

3. Konsekuensi
Pekerjaan orangtua adalah memuji anak saat mereka melakukan hal baik dan memberikan hukuman jika anak melanggar peraturan. Hal ini untuk menunjukkan pada anak setiap hal memiliki konsekuensi. Jangan segan untuk memberikan hadiah atau sekedar pujian, jika anak mendapat nilai bagus atau membantu mengerjakan pekerjaan rumah.

Lalu, jika dia melakukan kesalahan berikanlah hukuman yang sesuai dengan kesalahannya. Dengan begitu anak menghargai Anda sebagai orangtua dan menaruh hormat, bukan hanya sekedar rasa takut. (VIVAnews)

0 komentar:

recent comments


Cari di ezramos.blogspot.com...

recommended links

     » Christian Men's Network Indonesia
     » Wanita Bijak
     » Christian Parent
     » All About Parenting
     » Focus On The Family
     » Children’s Ministry Online
     » Jesus for Children
     » Salvation Kids
     » Kid Explorers
     » CBH (Children's Bible Hours)
» Blog ini didedikasikan untuk kedua anak yang kami kasihi, Ezra dan Amos serta kepada seluruh orangtua Kristen yang memiliki anak-anak agar mereka tetap memegang teguh komitmen dan tanggung jawab atas kehidupan anak-anak yang telah Tuhan percayakan kepada mereka. God bless you!

"Hai anakku, jika hatimu bijak, hatiku juga bersukacita." (Ams. 23:15)

meet the parents

Add me Add me

  © 2008 Blogger template by Ourblogtemplates.com

Back to TOP